ADS

Cara Mengatasi Komputer Yang Lemot

Tips And Tricks - Hai hai sobat gamekupedia! dalam postingan kali ini admin akan membagikan sedikit cara bermanfaat yang sanggup sobat gunakan dalam mengatasi komputer atau laptop sobat yang lemot. Nah sobat pernah gak sih komputer kita tiba-tiba menjadi lemot dikala kita gres menghidupkannya, atau dikala selesai menginstal suatu aplikasi, atau bahkan dikala setelah update sistem pada windows kita? Tenang sobat, jangan eksklusif mengambil keputusan kalau komputer atau laptop sobat sudah bau tanah dan harus diganti ya! Komputer menjadi lemot itu sanggup disebabkan oleh bermacam-macam masalah, misalnya setelah kita mengupdate OS pada komputer kita, sering kali sistem milik OS yang usang tetap menyimpan data-datanya didalam komputer kita dan menyebabkan penumpukan pada memori yang menyebabkan komputer menjadi lemot.


Hal teresbut dilakukan oleh OS sebagai antisipasi dikala terjadinya error pada OS setelah diupgrade, jadi sobat sanggup melaksanakan rollback sistem sobat pada OS yang lama. Contoh tersebut merupakan hukum dari OS Windows ya sobat tepatnya OS 8 keatas. Baik kita masuk kedalam inti postingan kali ini tanpa panjang lebar lagi, berikut cara mengatasi komputer yang lemot:

1. Install Aplikasi Cleaner
Pada cara pertama ini admin sarankan kepada sobat gamekupedia untuk menginstal suatu aplikasi untuk membersihkan data-data yang tidak terpakai, history browser, ataupun file .reg yang tertinggal setelah menguninstal suatu aplikasi. Untuk admin pribadi memakai aplikasi CCleaner, lantaran tampilannya yang sederhana dan juga berdasarkan admin terbaik. Namun admin tidak mengharuskan sobat untuk memakai CCleaner, cukup gunakan aplikasi yang berdasarkan sobat lebih nyaman menggunakannya.

2. Bersihkan Data .temp
Pada cara kedua ini cukup sederhana, sobat cukup membuka file Temp yang ada pada komputer sobat. Caranya yaitu buka C:\Users\"User Komputer"\AppData\Local\Temp. Setelah itu sobat hapus secara permanen seluruh file yang berada didalam folder Temp tersebut dengan cara Shift + Delete. Cukup sederhana kan? tapi sanggup membantu kinerja komputer sobat kembali.

3. Matikan Windows Update
Cara ketiga ini admin sarankan untuk para pengguna Windows 8/10 untuk menonaktifkan pengaturan Windows Update biar kinerja komputer atau laptop sobat tidak lemot. Cara dengan search Windows Update pada Windows, kemudian pilih Advanced option, terakhir aktifkan Pause Update.

4. Lakukan Defragment 
Cara keempat ini yaitu melaksanakan defrag pada hard drive sobat, dalam kata lain admin jelaskan defragment ini yaitu suatu cara untuk menata ulang data-data pada hard drive sobat, dengan defrag ini sanggup membantu kinerja pada sistem, lantaran data-data yang sudah tertata rapi kembali sanggup dengan gampang dicari oleh sistem dibandingkan data-data yang belum terdefrag. Berikut caranya:
Windows 7
- Buka folder penyimpanan berkas
- Klik kanan pada hard drive yang ingin sobat defrag, misalnya hard drive "C"
- Pilih properties, kemudian pilih pecahan tools
- Selanjutnya pilih Defragment
- Tunggu sampai proses defragment selesai pada hard drive sobat
- Setelah selesai, restart komputer atau laptop sobat
Windows 8/10
- Tekan tombol windows
- Cari defrag
- Kemudian pilih Defragment and Optimize Drives
- Setelah itu pilih hard drive yang ingin sobat defrag
- Kemudian pilih Analyze kalau ada, selanjutnya tekan Defrag/Optimize
- Setelah proses defrag selesai, restart komputer sobat

5. Gunakan Satu Jenis Antivirus
Cara selanjutnya ini sangat admin anjurkan kepada sobat sekalian yang sangat menginginkan tingkat keamanan yang tinggi pada komputer atau laptopnya, perlu sobat ketahui untuk menjaga keamanan pada komputer atau laptop sobat tidak harus dengan menginstal bermacam-macam antivirus ya, cukup gunakan satu antivirus saja sobat! Karena semakin banyak antivirus yang sobat gunakan maka akan memakan penggunaan CPU yang tinggi, lantaran setiap antivirus akan otomatis bekerja dikala komputer atau laptop sobat hidupkan. Untuk pengguna OS Windows 8/10 tentunya sudah mempunyai antivirus sendiri yaitu Windows Defender, yang kinerjanya berdasarkan admin sangat baik.

6. Matikan Animasi Pada Komputer
Cara keenam ini yaitu dengan mematikan animasi pada komputer atau laptop sobat, singkatnya dimana banyak memakai animasi sanggup memakan penggunaan CPU yang besar. Cara mematikan animasi pada komputer atau laptop sobat yaitu dengan cara sebagai berikut:
- Klik kanan pada Computer
- Pilih Advanced system settings
- Pilih pecahan Anvanced
- Kemudian pilih Performace
- Matikan animasi yang berdasarkan sobat tidak berguna, setelah itu tekan OK
- Restart komputer atau laptop sobat untuk mengetahui hasilnya

7. Downgrade OS 
Pada cara terakhir ini sebelumnya admin sarankan kepada sobat sekalian untuk tidak terlalu mengikuti perkembangan dari OS yang sobat gunakan sekarang, kalau OS yang sobat gunakan kini terasa bekerja optimal tanpa lemot lebih baik pertahankan OS tersebut, lantaran belum tentu setelah mengupgrade OS terbaru sanggup sesuai dengan kondisi komputer sobat. Seperti contohnya, kalau sobat mempunyai sebuah komputer atau laptop dengan kapasitas RAM 2 GB, sebaiknya admin sarankan untuk memakai OS Windows 7 atau dibawahnya, biar mendapat kinerja yang terbaik. Dan untuk teman-teman yang setelah mengupgrade OS menciptakan komputernya menjadi lemot, cukup lakukan downgrade OS nya atau instal ulang saja.


Nah sekian postingan dari saya, semoga sanggup bermanfaat bagi sobat gamekupedia sekalian, dan jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan untuk mengganti komputer atau laptop gres ya sobat. Dan terakhir silahkan bagikan pengalaman sobat dalam mengatasi komputer yang lemot dikolom komentar ya.

Subscribe to receive free email updates:

ADS