ADS

Pengenalan Wacana Tipe Dan Operator Dasar Dari Bahasa Pemrograman C/C++

Assalamualaikum wr. wb. Halo sahabat gamekupedia, niscaya ada sebagai dari sahabat sekalian merasa resah ya, kok blog gamekupedia malah ada tutorial perihal bahasa pemrogramannya ya? hehe. Kaprikornus begini sahabat sedikit dongeng ya, bahu-membahu awal mula admin mau menciptakan blog itu perihal tutorial coding atau bahasa kegiatan nih antara lain bahasa pemrograman Java, C++, dan HTML. Tapi malah berubah pikiran dan risikonya awal rilis blognya malah jadi perihal review games dan tips tricks nih hehe. Tapi ya risikonya kembali lagi sama niatan awal admin untuk menciptakan blog perihal bahasa pemrograman atau tutorial program, jadi admin bakalan ngasih bermacam-macam tutorial berguru bahasa pemrograman nih sama sahabat gamekupedia, admin bahu-membahu bukan profesional, tapi admin akan mencoba memperlihatkan apa yang telah admin pelajari sebelumnya di dingklik kuliah kepada sahabat sekalian, siapa tau sanggup membantu sahabat dalam berguru bahasa pemrograman dari basic sampai sanggup mendevelop sebuah kegiatan sederhana sendiri nih nantinya InsyaAllah ya sobat.

Nah sebelum kita masuk ketahapan codingnya nih ada baiknya pada postingan kali ini admin akan menjelaskan basic atau dasar-dasar dari bahasa pemrograman C/C++ kepada sahabat sekalian, sebelum masuk kedalam tahapan coding. Mungkin post selanjutnya kita sudah mulai sanggup mengcoding ya sahabat hehe. Oke pertama-tama pada PC atau Laptop sahabat telah terinstall compiler CodeBlock, kenapa harus CodeBlock? bahu-membahu admin tidak mengharuskan sahabat memakai compiler CodeBlock hanya saja alasannya yaitu admin sendiri memakai CodeBlock dan biar lebih cepat nyambung aja nih pembahasan atau berguru kita nanti sahabat hehe.

Jika sahabat belum mempunyai CodeBlock, sahabat sanggup pribadi mendownload compilernya pada website resminya, atau sahabat bisa klik disini. Oke sesudah setelah selesai proses instalasinya berarti sahabat sudah siap nih mengcoding bersama admin yang InsyaAllah pada postingan selanjutnya ya. Tanpa panjang lebar lagi yuk disimak klarifikasi dasar perihal bahasa pemrograman C/C++ berikut ini.

Belajar Mengenali Tipe, Dan Operasi Dasar C/C++
Tipe Dasar - Dalam hal ini admin menyimpulkan bahwa tipe dasar merupakan suatu tumpuan ketika sahabat ingin memilih bentuk, angka, atau format dari suatu benda ataupun suatu objek. Misalkan nih kita ambil saja misalnya sahabat ingin memilih tipe dari suatu bilangan, yaitu bilangan bundar dan angkanya yaitu "2". Nah disini yang dimaksud bilangan bundar itula tipe dasar dari angka 2. Tapi didalam bahasa pemrograman angka 2 tersebut diinisialisasikan sebagai tipe "Integer". Selanjutnya jikalau sahabat ingin memilih tipe dari bilangan belahan atau angkanya berupa 2,5 maka pada bahasa pemrograman angka tersebut bertipe "Float". Sobat sudah paham? next, tidak hanya memilih tipe dari angka saja, tapi bahasa pemrograman sanggup memilih kalimat atau suatu susunan karakter. Admin contohkan dimana admin akan menuliskan kata "Ibu" maka tipe dari kata tersebut adalah" String", lalu jikalau sahabat menuliskan sebuah karakter, misalnya "A". Maka huruf tersebut bertipe "Char". Sobat mulai paham dengan penggunaan tipe dasar Integer, Float, String, dan Char

Operasi Dasar - Selanjutnya yaitu operasi dasar dari bahasa pemrograman, sepakat sahabat intinya operasi dasar pada bahasa pemrograman sama dengan operasi dasar yang kita lakukan sehari-hari, menyerupai operasi hitung atau perbandingan. Nah dalam bahasa C/C++ konsep dari operasi perhitungan tetap sama dengan yang kita lakukan menyerupai tambah (+), kurang(-), kali(*), dan bagi(/). Adapula operasi perbandingan yang masih sama dengan yang sering kita lakukan. Contohnya sahabat ingin membandingkan angka 1 dan 10. Maka dalam kegiatan sahabat cukup menciptakan dengan 1 > 10 (1 lebih besar daripada 10). Contoh lainnya, 5 tidak sama dengan 50, maka dalam programnya sahabat cukup menciptakan (5 =! 10). Gampang kan sahabat mengenal tipe dasar dari bahasa pemrograman ini? Adapula teladan perbandingan lainnya yaitu:
- Sama dengan (=)
- Tidak sama dengan (=!)
- Lebih kecil (<)
- Lebih besar (>)
- Lebih kecil atau sama dengan (<=)
- Lebih besar atau sama dengan (>=)

Eits ada yang ketinggalan nih sahabat hehe. Selain dari tipe dasar diatas bahu-membahu masih banyak lagi tipe data pada bahasa pemrograman sahabat gamekupedia, menyerupai double, longint, boolean, dan lainnya. Tapi untuk sementara dan untuk awalan ada baiknya sahabat untuk memahami konsep tipe dasar dan operasi dasarnya terlebih dahulu ya.

Sekian postingan dari admin kali ini sobat, semoga sanggup bermanfaat dan berkhasiat bagi sahabat untuk berguru perihal bahasa pemrograman, menyerupai yang admin katakan sebelumnya InsyaAllah postingan berikutnya kita akan mulai masuk kedalam tahap pemrograman ya sobat. Yang terpenting sahabat mempunyai kemauan dan keyakinan untuk mau berguru ya sobat. Jangan sungkan untuk bertanya kepada admin jikalau ada yang kurang paham.

Subscribe to receive free email updates:

ADS